Kota Malang (Humas) – Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1445 Hijriyah, MAN 2 Kota Malang melaksanakan penyembelihan dan distribusi daging hewan kurban. Acara penyembelihan hewan kurban berupa sapi dan kambing ini dilaksanakan pada hari Rabu (19/06/24) di lapangan olahraga madrasah dan sekitarnya. Penyembelian hewan kurban tersebut dimulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah Dr H. Samsudin, MPd didampingi Dr. Gunawan, MA selaku penanggung jawab pada pukul 07.00 WIB, dilanjutkan dengan pembinaan tata cara menyembelih hewan yang benar menurut syariat islam oleh H.A. Taufiq WAS, Lc, MA.

Hadir juga dalam acara tersebut, seluruh guru dan tenaga kependidikan, seluruh peserta didik kelas X dan XI serta panitia dari GTK dan Badan Dakwah Islam (BDI), bekerjasama dalam penyembelihan hewan kurban dan distribusi daging kurban. Kegiatan penyembelihan hewan kurban tahun ini, menurut data panitia kurban menerima total 8 ekor sapi dan 35 ekor kambing (2 ekor sapi dan 20 ekor kambing di masjid) yang berasal dari dari Kurban GTK, peserta didik, jama’ah dan dana latihan kurban siswa, GTK serta wali siswa.

Dalam sambutanya, Kepala Madrasah H. Samsudin menyampaikan bahwa penyembelian hewan kurban ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan MAN 2 Kota Malang.  “Tujuan dari penyembelian hewan kurban ini adalah salahsatu perayaan Idul Adha di tahun 1445 H ini, yang sehari sebelumnya dilakukan di Masjid Al Falah. Selain sebagai bagian menjalankan anjuran agama dan tarbiyah, hal ini mengandung hikmah yang sangat mulia diantaranya dengan menampakkan pengabdian sempurna sebagai hamba Allah SWT.” Jelas Kamad

Lanjutnya, bagi seluruh peserta didik, Kamad membacakan Surat Al Kautsar yang penuh makna. “Walaupun hanya terdiri dari tiga ayat saja, setiap ayatnya memiliki kandungan dan maksud yang sangat luas, Agar anak-anak bisa memahami maknanya, kamu perlu tahu dulu bunyi serta terjemahan dari Surat Al Kautsar “innā a’ṭainākal-kauṡar, Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, fa ṣalli lirabbika wan-ḥar, Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. inna syāni`aka huwal-abtar Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus..” ucap Kamad.

Terakhir, dalam momentum penyembelihan kurban ini Kamad berpesan makna besar kegiatan saat ini untuk memberikan petunjuk kepada kita semua perintah Allah SWT untuk menjaga Sholat dan Berkurban. “ Selanjutnya, makna yang lain dan tidak kalah penting yang terdapat dalam Surat Al Kautsar terdapat pada ayat kedua yang berbunyi, “Maka dirikanlah shalat karena Rabb-mu dan berkurbanlah”. Maka dua ibadah yang secara khusus diperintahkan oleh Allah SWT kita untuk menjaga sholat dan kurban.” Pungkasnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait